Pertemuan Kedua

Pada pukul 9:30 anak-anak kembali masuk ke dalam kelas dan kemudian mulailah pembelajaran yang diawali dengan berdoa. Pada pertemuan kedua kali ini, kegiatan yang dilakukan anak-anak kali ini adalah latihan menggunting dan menempel pada gambar yang telah ada. Kami membantu anak-anak untuk menggunting warna-warna yang ada pada kertas dan menempelkan kertas tersebut sesuai dengan gambar yang ada pada halaman tersebut.

Anak-anak diharapkan untuk dapat mencocokan warna yang ada pada kertas ke halaman buku tersebut. Anak-anak masih dalam kesusahan untuk menggunting kertas tersebut. Kami pun membantu anak-anak untuk menggunting dan menempel pada halaman buku tersebut.


Anak-anak sangat senang karena kami membantu mereka. Anak-anak di sini masih rata-rata berumur 5-6 tahun dan menduduki pada kelas TK-B. Tema belajar menggunting dan menempel tersebut juga sangat cocok untuk topic Pancasila karena gambarnya adalah tentang seorang pelajar yang berpakaian rapi ke sekolah. Kami juga membantu anak-anak untuk berimajinasi untuk sebaiknya kertas warna mana yang harus ditempel pada tempat yang secocok mungkin. Kami juga membantu anak-anak untuk menempel dengan rapi dan tidak memainkan lem karena tidak bagus dan kotor serta untuk menghemati pemakaian.

Setelah menyelesaikan kegiatan menggunting dan menempel, anak-anak kembali bernyanyi dan membaca doa.


Akhirnya waktu pun menunjukkan pukul 11 dan saatnya untuk pulang. Anak-anak pun bersalaman dengan kami dan pamit untuk pulang. Kami juga bersalaman dengan guru-guru dan kepala sekolah dan kemudian pamit untuk pulang. Para guru juga menceritakan betapa gembiranya anak-anak apabila ada kakak-kakak yang datang dari tempat lain.

Kinerja dan evaluasi : masih kurang tertibeningkatkan lagi untuk kemampuan membimbing anak-anak khususnya untuk usia dini. Karena banyak macam-macam anak, dari yang pendiam dan yang masih kurang tertib. Kami harus mampu untuk beradaptasi terhadap macam-macam tipe anak

Kesimpulan : belajar bersama anak-anak sangatlah menyenangkan dan juga menambah pengalaman kita bagaimana cara mengurus anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *